06_Digital_Talent_Scholarship_2020
14:50

FILKOM UB Akan Kembali Jadi Mitra Penyelenggara DTS Tahun 2020

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) mewakili Universitas Brawijaya (UB) akan kembali menjadi mitra penyelenggaraan program Digital Talent Scholarship (DTS) pada tahun 2020 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom. selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik sekaligus Ketua Penyelenggara DTS 2019 UB. Untuk diketahui DTS adalah program pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) sebagai bagian dari program pembangunan prioritas nasional. Program DTS yang diselenggarakan di FILKOM adalah program Fresh Graduate Academy (FGA) yaitu program pelatihan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK dan MIPA, serta terbuka bagi penyandang disabilitas (tuna rungu dan tuna daksa).

FILKOM mewakili UB sudah melakukan kesepakatan rekomitmen dengan Kemenkominfo pada 1 – 3 November 2019 lalu di Yogyakarta pada acara “Rapat Inisiasi Penjajakan Kerja Sama Program FGA dan VSGA Digital Talent Scholarship Tahun 2020”. Berbagai perwakilan perguruan tinggi, politeknik/sekolah vokasi dan pusdiklat hadir pada kesempatan itu. Dijelaskan oleh Heru rangkaian acara pada saat itu meliputi rekomitmen bagi mitra DTS yang sudah bekerjasama di DTS 2019 dan pengisian komitmen bagi calon mitra baru untuk DTS 2020, penjelasan overview DTS 2019, rencana DTS 2020 dan skema keuangan.

Dalam rekomitmen yang ditandatangani, Heru menyampaikan UB bersedia melaksanakan DTS 2020 sebanyak 2 batch, dimana pada masing-masing batch menerima kuota peserta beasiswa pelatihan minimal 160 orang. Persyaratan umum peserta FGA - DTS 2020 masih sama dengan FGA - DTS 2019 yaitu dibuka bagi lulusan D3/D4/S1 terkait bidang TIK dan MIPA, serta mahasiswa tingkat akhir yang sedang skripsi atau tugas akhir. Beasiswa pelatihan intensif akan dilaksanakan selama 144 jam pelajaran. Mengenai jadwal dibukanya pendaftaran FGA – DTS 2020 akan diinformasikan lebih lanjut melalui digitalent.kominfo.go.id dan digitaltalent.ub.ac.id/event/fga19.

“Untuk bidang minat yang ditawarkan ada kemungkinan akan ditambah. Tapi itu masih nanti, tergantung pada calon peserta,” jelas Heru. [dna]

 

 

 

 

 

Share